FAQ

FAQ MENGENAI AKUPUNKTUR

Apa Akupunktur itu?
Akupunktur adalah suatu teknik penusukan jarum ke titik akupunktur yang berada di sepanjang 14 meridian/jalur pada tubuh manusia untuk menghasilkan efek terapi. Terdapat 365 titik akupunktur yang berhubungan dengan 14 meridian ini. Selain itu, terdapat juga titik yang berada di luar meridian. Selain pada manusia, akupunktur juga diberikan kepada binatang.
Anda mungkin sering mendengar istilah totok syaraf ataupun penekanan/penusukan titik syaraf? Sesungguhnya istilah ini kurang tepat, karena ketika orang menemukan titik akupunktur pada masa ratusan dan ribuan tahun yang lalu, sistem syaraf belum diketahui dan dikenal. Lokasi akupunktur itu bisa berada di atas otot, di antara tulang, di atas tulang, dekat syaraf, di atas syaraf, dekat pembuluh darah atau di sekitar sendi. Kalau sudah disebut begini, istilah penusukan titik syaraf sudah tidak tepat.

Apakah Akupunktur itu sakit?
Ada beberapa website memberikan statement bahwa jarum akupunktur itu sehalus rambut dan tidak sakit ketika ditusuk. Sejujurnya diameter jarum akupunktur itu jelas lebih besar dari halusnya rambut dan sakit tidaknya akupunktur itu tergantung beberapa faktor. Faktor utama pertama adalah skill dari akupunkturis yang melakukan penusukan. Sungguh disayangkan terdapat banyak akupunkturis yang teknik penusukannya begitu buruk dan setiap penusukan menimbulkan rasa sakit yang berlebihan kepada pasien sehingga membuat orang ketakutan dan tidak ingin mencoba tusuk jarum lagi.
Jadi apabila kebetulan anda mempunyai pengalaman demikian, sebaiknya jangan kapok dulu dan kalau bisa pertimbangkan lagi untuk mencoba pengobatan akupunktur di tempat lain.
Faktor lain yang menentukan nyeri tidaknya akupunktur adalah lokasi titik akupunktur yang ditusuk. Kalau lokasi penusukan berada di daerah yang banyak daging/ototnya biasanya tidak nyeri. Daerah yang relatif sakit contohnya telapak tangan ataupun jari atau daerah sensitif lainnya. Sakit atau tidaknya tusuk jarum juga sangat tergantung persepsi anda mengenai rasa sakit serta sensibilitas anda. Di klinik terkadang ada pasien baru ditekan dengan jari untuk mencari titik yang ingin ditusuk, sudah teriak kesakitan. Tetapi ada kalanya ada pasien anak-anak sangat berani dan tidak bergeming sama sekali ketika ditusuk.

Apakah Akupunktur itu aman dan apakah ada efek sampingnya ?
Apabila terapi akupunktur dilakukan oleh tenaga akupunkturis yang terdidik dan terlatih, maka akupunktur adalah suatu bentuk pengobatan yang sangat aman. Namun karena jumlah dan distribusi pembuluh darah yang begitu banyak dan luas, terkadang akupunktur bisa menyebabkan memar/biru-biru pada kulit paska penusukan. Hal ini terjadi karena tertusuknya pembuluh darah yang berada di bawah kulit. Jangan kuatir, kondisi ini tidak berbahaya. Kulit yang memar/biru-biru akan sembuh dengan sendirinya. Tertusuknya pembuluh darah tidak bisa sepenuhnya dihindari karena jumlah pembuluh darah di tubuh kita yang begitu banyak. Namun memar/biru-biru pada kulit bisa diminimalisasi dengan cara penekanan pada titik yang ditusuk ketika jarum dicabut. Kalau membandingkan dengan prosedur pengambilan darah di laboratorium yang bisa menyebabkan memar/biru-biru yang lebih luas, seharusnya kondisi ini tidak disebut efek samping bukan? :-)
Barangkali efek samping yang sampai saat ini diketahui adalah efek kantong kering. :-)

Berapa biaya akupunktur ?
Kalau tidak ingin kantong kering sebaiknya anda mencari tempat akupunktur yang berbentuk Yayasan. Saya mengatakan demikian bukan karena saya praktek di Yayasan Akupunktur. Tapi memang sesungguhnya tarif akupunktur di Yayasan selalu lebih terjangkau.

Apakah Akupunkturis menggunakan Jarum sekali pakai ?
Kebanyakan akupunkturis pada masa kini menggunakan jarum steril sekali pakai. Kenapa? Karena pertama biaya gas yang diperlukan untuk prosedur sterilisasi mahal dan prosedurnya sendiri ribet dan terakhir calon pasien ketakutan dengan jarum sterilisasi ulang. :-) Namun jangan salah, ada saja akupunkturis yang tidak pandai menghitung dan masih menggunakan jarum sterilisasi ulang. Asalkan prosedur sterilisasinya baik dan benar seharusnya tidak apa-apa. Tapi siapa tahu... so just beware.

Perlu berapa kali kunjungan ke tempat akupunktur untuk mendapatkan kesembuhan/perbaikan?
Pertama-tama perlu diketahui bahwa akupunktur itu efektif untuk pengobatan penyakit yang memang indikasinya. Untuk kasus-kasus penyakit dalam misalnya, hasilnya akan lebih signifikan apabila pasien menjalani pengobatan Herbal secara berbarengan atau berdiri sendiri. Apabila memang sudah indikasinya untuk akupunktur jumlah kunjungan yang dibutuhkan untuk terapi sangat relatif, Untuk gangguan nyeri pinggang ringan misalnya, terkadang hanya perlu satu kali pengobatan, sebaliknya untuk penyakit kronis bisa membutuhkan antara 10-12 kali terapi bahkan lebih dan lebih.

FAQ MENGENAI HERBAL

Apa itu Pengobatan Herbal Sinshe ?
Sumber Herba/Jamu yang diresepkan oleh sinshe bisa sangat beragam, bisa berbentuk daun-daunan, ranting-rantingan, akar-akaran, biji-bijian, buah, bahkan binatang seperti kalajengking, kulit ular, dll. Herba bisa diberikan dalam bentuk pil, bubuk, kapsul, syrup, herba kering, dll, Adakala Sinshe hanya memberikan secarik kertas resep untuk ditebus di toko obat.

Apakah Pengobatan Herbal itu aman ?
Seseorang mungkin memberitahukan anda agar tidak mengkonsumsi herbal karena berbahaya. Justru pernyataan seperti itu harus dipandang berbahaya. Karena apabila anda sakit kronis dan diberikan pilihan untuk memilih pengobatan herbal atau obat-obatan kimia dalam waktu yang relatif lama, apabila anda bisa memilih salah satunya dengan efektifitas hasil pengobatan yang sama, tentunya lebih baik jika anda memilih pengobatan herbal.
Namun perlu diketahui bahwa pemakaian herbal yang aman dan tepat adalah melalui konsultasi dengan seorang herbalis yang profesional, di mana formula herbal diresepkan kepada anda melalui hasil diagnosa kondisi kesehatan anda berdasarkan ilmu pengobatan tradisional Tionghoa. Herbalis yang profesional adalah seorang herbalis yang menguasai bidang ilmu pengobatan herbal, memiliki akses pada literatur-literatur herbal yang usianya sudah ratusan bahkan ribuan tahun yang sudah dipakai oleh jutaan orang. Dan Herbalis masa kini yang baik tentunya mengerti farmakologi herbal dari sudut pandang pengobatan modern dan selalu mengikuti hasil penelitian herbal.