Pingsan

Sebagian orang sudah mengetahui adanya titik ini dan sering menanyakan cara penggunaanya. Titik yang memiliki nama Shixuan ini merupakan titik ekstra yang berada diluar 14 meridian (jalur) Akupunktur.
Titik ini pertama kali diperkenalkan oleh Sun si miao di abad ke-7. Dunia Chinese Medicine mencatat Sun si miao sebagai seorang pribadi Sinshe yang sangat lihai dan mengusai berbagai bidang pengobatan termasuk penyakit dalam, wanita, anak-anak, beliau juga seorang ahli gizi, ahli diagnosa nadi dan akupunktur. Sun si miao tersohor dengan kemurahan hatinya dan suka menolong tanpa memandang bulu.

Titik Shixuan sangat gampang ditemukan. Semuanya terdapat 10 titik untuk kedua tangan, dengan masing-masing tangan berjumlah 5 titik. Titik shixuan bisa digunakan untuk berbagai kasus pingsan atau hilang kesadaran antara lain akibat stroke, sunstroke/heatstroke (pingsan karena kepanasan) dan epilepsi (ayan), Cara penggunaannya adalah ditusuk dengan jarum yang steril dan langsung dicabut segera sambil dikeluarkan satu atau dua tetes darah pada titik-titik tersebut. Apabila pasien sudah bangun, maka penusukan tidak perlu diteruskan. Karena hilang kesadaran terkadang merupakan tanda-tanda gawat darurat. Jangan menunda waktu dan segeralah bawa pasien ke rumah sakit . Titik ini hanya digunakan sebagai langkah pertolongan pertama, bukan pengganti pengobatan.

NOTE : Ada pun dalam kasus pingan dengan kondisi badan dingin, tangan dan mulut terbuka ataupun pasien spontan kencing di celana, jangan gunakan titik ini.